Minggu, 03 Mei 2015

PERANAN SUHU DAN KELEMBABAN TERHADAP PRODUKTIFITAS

Oleh : Muhammad Misbachul Munir, S.Pt. MM
Tanggal : 03 Mei 2015

Melengkapi pemahaman tentang hubungan suhu dan kelembaban untuk pemeliharaan ayam petelur dan Breeder, dimana sebelum kita membahas tentang pengetahuan operasional tentang kandang tertutup (close house), maka ada baiknya kami pahami hal-hal sebagai berikut :

Pertama :
Perhatikan tabel di bawah ini (Holik dan Tierzucht, 2010) :


Terlihat pada tabel tersebut suhu optimal untuk produksi dan bobot telur antara 16°C - 20°C.  Hal ini disebabkan karena pada suhu lingkungan seperti itu akan memberikan suhu normal bagi tubuh ayam (41°C) (Holik dan Tierzucht, 2010).  Perhatikan grafik di bawah ini :


Kedua :
Ingat pada blog kami sebelumnya yang berjudul "
JANGAN REMEHKAN DEBU DALAM KANDANG
" (http://pengetahuanayampraktis.blogspot.co.id/2015/05/peranan-suhu-dan-kelembaban-terhadap.html) yang diterbitkan pada tanggal 3 Mei 2015.  Bahwa debu dengan ukuran kecil dengan jumlah yang banyak akan muncul apabila suhu kandang antara 15,5°C - 21°C dengan kelembaban antara 45% - 60% (Ministry of Agriculture and Food Abbortsford Agriculture Center 1967 Angus Campbell Roads Abbortsford, BC V3G 2M3 (1999).

Ketiga : 

Dalam kenyataan, dimana kandang terbuka (open house) yang berada pada  ketinggian lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut ternyata memiki produktivitas dan kesehatan yang lebih baik dibandingkan kandang close house. Kandang open house yang berada pada ketinggian seperti itu ternyata memiliki suhu lingkungan yang rendah dan kelembaban yang tinggi.  Rata-rata farm sekitar 18-21°C, dengan kelembaban tidak pernah di bawah 75%.  

Keempat :
Suhu di bawah 17°C dapat menyebabkan Acites.  Hal ini terkait dengan derajad kekentalan darah dan kerja jantung yang makin berat pada kondisi tersebut.  Oleh karena itu, jangan mengoperasikan kandang di bawah 17°C.

Baca
http://pengetahuanayampraktis.blogspot.co.id/2015/05/acites-pada-ayam.html
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Berdasarkan teori dan pengalaman sebagaimana tersebut di atas, sebaiknya kita mengoperasikan kandang untuk ayam petelur atau breeder pada suhu efektif 17°C - 20°C dengan kelembaban di atas 65% dan di bawah 85%.  Hal ini untuk menghindari masalah penyakit yang diakibatkan oleh kegagalan metabolisme dan mencapai produktifitas yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar